VI. PENDIDIKAN
-
- Latar Belakang
Kurikulum mempunyai peranan yang sangat penting. Tanpa adanya sebuah kurikulum pendidikan (khususnya kurikulum pembelajaran bahasa Arab) maka sebuah aktifitas pembelajaran tidak akan berhasil dan bahkan gagal untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, kurikulum disebut juga sebagai acuan dan alat untuk mencapai tujuan tertentu dalam perguruan tinggi.
Kurikulum Perguruan Tinggi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu di Perguruan Tinggi.
Kurikulum sebagai acuan dan alat untuk mencapai tujuan tertentu dalam perguruan tinggi maka untuk menunjang realisasi tersebut realisasinya dituangkan dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk membekali mahasiswa informasi pengetahuan dan pemahaman baik secara kognitif, afektif maupun psikomotorik berdasarkan visi misi dan program kerja yang sudah dicanangkan oleh program prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar.
Proses pembelajaran yang ada di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar ditunjang dengan suasana akademik yang kondusif dan baik dengan sistem pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning) dengan mengedepankan strategi active learning, diskusi dan pembelajaran sejawat lewat arabic club dan pemanfaatan Wifi sebagai media buat pembelajaran e-learning untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan bahasa Arab mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Arab jarak jauh (seperti arabic online dan TOAFL) sebagai bentuk tindak lanjut (follow up) dari hasil MoA Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar dengan Saudi Electronic University Saudi Arabia pada tahun 2018 di Universitas Negeri Malang, Jawa Timur.
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dengan daya saing dan modal utama satu-satunya Program Studi dan Perguruan Tinggi di Sulawesi Barat yang ber-MoA (bekerja sama) dengan Saudi Electronic University Saudi Arabia dan menjadi daya tarik tersendiri yang berdaya saing dengan Perguruan-perguruan Tingi lainnya di Sulawesi Barat, yang diharapkan bisa memicu dan memacu animo masyarakat milenial untuk lanjut studi di Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar Sulawesi Barat dan membawa perkembangan positif institut dan dalam mencerdaskan generasi bangsa.
Hasil dari pembelajaran yang diterima oleh mahasiswa dalam proses pembelajaran di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar nantinya diharapkan menjadi modal dasar mahasiswa dan bekal dalam melaksanakan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PkM) secara integratif.
Beberapa judul penelitian DTPS yang dilakukan secara kolaboratif yang terintegrasi ke dalam mata kuliah binaan dan yang diampuh oleh DTPS Pendidikan Bahasa Arab sebagaimana pada Tabel 5.b LKPS. Diantara bentuk integrasi tersebut berbentuk tambahan materi kuliah, praktek dan pengembangan mata kuliah.
- Kebijakan
Dalam penyusunan kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, kurikulum program studi Pendidikan Bahasa Arab disusun berdasarkan kebijakan, peraturan dan pedoman Institut sebagaimana yang terterah dalam Statuta Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar berdasarkan Surat Keputusan Yayasan DDI (YADDI) Polman nomor: 422/YADDI/PM/I/2013, tanggal 23 Januari 2013, dan Pedoman Pengembangan Kurikulum Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar Tahun 2015. Isi dan bunyi keputusan YADDI Polman, nomor: 422/YADDI/PM/I/2013; sebagai berikut:
- Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan dalam program studi atas dasar kurikulum inti dan kurikulum institusional yang ditinjau secara berkala sesuai dinamika perkembangan bidang keilmuan dan teknologi, lapangan kerja, dan tantangan masa depan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan dan standar nasional pendidikan Tinggi.
- Kurikulum inti merupakan kelompok bahan kajian dan pelajaran yang harus dicakup dalam suatu program studi yang dirumuskan oleh masing-masing program studi bersama-sama dengan asosiasi profesi dan forum komunikasi program studi yang relevan.
- Kurikulum institusional merupakan sejumlah bahan kajian dan pelajaran yang merupakan bagian dari kurikulum pendidikan tinggi terdiri atas tambahan kelompok ilmu dalam kurikulum inti yang disusun dengan memperhatikan keadaan dan kebutuhan lingkungan, kompetensi program studi, serta ciri khas institusi.
- Kurikulum institusional ditetapkan melalui surat keputusan
- Pemberlakuan kurikulum pada tiap-tiap program studi ditetapkan melalui Surat Keputusan
Kebijakan pengembangan kurikulum yang berlaku di Institut Agama Islam (IAI) DDI Polewali Mandar mencakup hal-hal sebagai berikut:
- Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran (VMTS) Mutu Institut Agama Islam (IAI) DDI Polewali Mandar.
- Landasan filosofis, yuridis, dan sosiologis penyusunan kurikulum.
- Struktur Kurikulum jenjang Sarjana (Strara Satu)
- Prosedur pengajuan dan pengesahan kurikulum.
- Pedoman Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum.
Di samping itu, Program Studi juga menyusun kurikulum berdasarkan landasan yuridis penyusunan kurikulum KKNI dan SN-Dikti Pendidikan Bahasa Arab, sebagaimana peraturan-peraturan berikut:
- Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 24);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 831);
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 1952);
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 1146);
- Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan;
- Standar Kurikulum Jenjang S1 Program Studi Bahasa Dan Sastra Arab, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab PTKIN, PTKIS, PTU, dan PTS di Indonesia (Hasil Lokakarya IMLA, AP-PBA, AP-BSA di Universitas Padjadjaran Bandung tanggal 7 Februari 2019.
Adapun tujuan penyusunan kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang berdasarkan KKNI dan SN-Dikti ini adalah sebagai pedoman dan panduan dalam menyelenggarakan proses pendidikan jenjang S1 di program studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar. Di samping itu, juga untuk meningkatkan kualitas lulusan (out put) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab agar para lulusan/alumni mampu bersaing di dunia kerja baik di dalam negeri maupun di luar negeri terlebih setelah diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sejak tahun 2015.
Disamping itu juga standar yang digunakan terkait kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian pembelajaran bertujuan untuk menjamin agar pendidikan tinggi yang diselenggarakan sesuai dengan kriteria minimal sistem pendidikan secara Nasional serta efektifnya akan tercapai bilamana Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada program studi Pendidikan Bahasa Arab tercapai dan terpenuhinya target capaian mutu program studi.
- Strategi Pencapaian Standar
Adapun Strategi program studi Pendidikan Bahasa Arab dalam mencapai standar yang ditetapkan oleh Institut adalah sebagai berikut:
- Melakukan review kurikulum secara berkala yang disesuaikan dengan perkembangan IPTEK, kebutuhan pasar kerja dan stakeholder.
- Melaksanakan penelitian setiap semester bagi dosen dengan mensosialisasikan agenda penelitian oleh program studi.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan rencana induk pengabdian masyarakat Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar serta merencanakan, melaksanakan kegiatan-kegiatan pengabdian pada masyarakat oleh dosen yang berkesinambungan.
- Mewajibkan kepada civitas akademika khusunya dalam lingkup prodi untuk menerapkan dan menghidupkan budaya berbahasa Arab antar Dosen dan mahasiswa dalam beraktivitas.
Disamping itu, Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah “Terdepan dalam Menghasilkan Guru Bahasa Arab yang profesional dan Berakhlakul Karimah di Indonesia Timur Pada tahun 2030”. Untuk mewujudkan Visi tersebut di atas maka dirumuskan misi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab untuk menunjang terwujud dan realisasinya.
Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah sebagai berikut:
- Menyelenggarakan pendidikan dalam mencetak tenaga pendidik yang profesional dalam bidang pendidikan Bahasa Arab yang dilandasi nilai-nilai akhlakul karimah.
Untuk merealisasikan misi pada poin di atas, pihak prodi mewajibkan ikut serta dalam kegiatan program takhassus mengaji kitab gundul dan pencerahan akhlak. Adapun kitab yang dikaji dalam program takhassus membaca kitab gundul adalah kitab tazkiyatunnufus dan Kitab kasyifatussajah. Sementara program pencerahan akhlak lewat majlis pengajian adalah mendatangkan para Annangguru (kyai) untuk memberikan pencerahan seperti Annangguru H. Abd. Syahid Rasyid, Annangguru Munu Kamaluddin, dan Annangguru H. Bisri Kombo.
- Melaksanakan penelitian yang bervariatif dalam bidang pendidikan bahasa Arab yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholders.
Untuk merealisasikan misi pada poin di atas, pihak prodi khususnya dalam setiap perkuliahan mahasiswa diberikan tugas tertentu untuk melakukan penelitian berdasarkan tema-tema perkuliahan yang variatif yang telah dibagikan oleh dosen pengampu untuk kemudian dipresentasikan dalam kelas masing-masing. Juga pihak prodi mengadakan semacam seminar dan pelatihan karya tulis ilmiah yang kemudian diseleksi untuk mengikuti perlombaan KTI secara Nasional di Jawa Timur.
- Melakukan Pengabdian pada Masyarakat di bidang kajian keagamaan dan bahasa Arab.
Untuk merealisasikan misi pada poin di atas, pihak prodi mengadakan safari ramadhan dan mengikutsertakan mahasiswa untuk memberikan ceramah, khutbah dan dakwah di masjid-masjid tertentu dan memberikan pelatihan (daurah) dan perkampungan bahasa Arab (muaskar al-lughah/mukhayyam).
- Menyelenggarakan kerjasama dalam skala regional dan nasional, dalam pengembangan dan peningkatan profesionalisme tenaga pendidik, Penelitian, dan Pengabdian pada masyarakat.
Untuk merealisasikan misi pada poin terakhir di atas, pihak prodi menyelenggarakan kerjasama (MoU) dalam skala regional dan nasional, dalam pengembangan dan peningkatan profesionalisme tenaga Pendidik, Penelitian, dan Pengabdian pada masyarakat. Seperti Mou dengan Prodi Pendidikan Bahasa Arab PTN Universitas Negeri Malang (UM), MoU dengan Asosiasi Bahasa Arab IMLA dan perguruan tinggi lainnya.
Kurikulum yang didesain Program Studi di UPPS Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, memberi peluang bagi mahasiswa agar dapat mengembangkan diri, dalam hal: studi lanjut, pengembangan kepribadian, memperoleh pengetahuan dan pemahaman materi khusus sesuai dengan bidang studinya, pengembangan keterampilan yang dapat dialihkan, pemerolehan pekerjaan dan pengembangan karir. Disamping itu juga, dukungan dari Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar yang memiliki komitmen untuk mengalokasikan anggaran dan mempersiapkan sumberdaya yang dapat digunakan oleh program studi dan UPPS untuk merencanakan, melaksanakan, mengembangkan, dan memutakhirkan kurikulum secara berkala.
Adapun Dana yang dialokasikan untuk pengembangan kurikulum disalurkan ke setiap program studi yang tertuang dalam Perencanaan Program Kerja dan Rencana Anggaran masing-masing program studi selama tiga tahun terakhir.
- Indikator Kinerja Utama
- Kurikulum Program Studi yang diakrediasi
Kurikulum yang digunakan oleh program studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar sudah sesuai dengan tuntutan zaman dan perkembangan IPTEK berdasarkan kurikulum KKNI dan SN-Dikti. Dalam penyusunannya, program studi Pendidikan Bahasa Arab pernah melakukan penyesuaian kurikulum dengan melibatkan dengan beberapa pihak yang terkait. Seperti Rektor, Warek I, II, dan III sebagai Penanggung jawab Perguruan Tinggi, Dosen Tetap Progran Prodi Pendidikan Bahasa Arab selaku pengampu mata kuliah, Pemerhati Bahasa Arab seperti Lembaga Kursus Bahasa Arab Institut, Lembaga Pendidikan dan stakeholder. Pendidikan Bahasa Arab telah melakukan penyesuaian kurikulum pada tahun 2018 yang menghadirkan pakar di bidangnya, yaitu Dr. Mukhtar, M.Th.I, dan Dr. Mustapa T, M.M. Seorang Dosen pascasarjana STIM LPI Makassar dan Universitas Terbuka Majene yang memiliki kemampuan dalam bidang Metodologi Penilitian.
Berdasarkan berbagai saran dan masukan data evaluasi dan monitoring pembelajaran, maka didiskusikan bersama dengan para pihak tertentu yang berkepentingan dan selanjutnya dilakukan evaluasi mata kuliah yang harus disesuaikan berdasarkan kebutuhan kurikulum terbaru.
No. | No. MK | Nama MK | MK
Baru/ Lama/Hapus |
Perubahan pada | Alasan Peninjauan | Atas Usulan/ Masukan dari | Berlaku mulai Sem./Th. | |
RPS | Buku Ajar | |||||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) |
1 | INS-PBA-014 | Bahasa Arab I | Baru | √ | √ | Mengikut Keseragaman Matakuliah Institusi. | Stakeholders, dosen, pakar, ketua lembaga dan pemerhati bahasa Arab | Smstr I /
2018 |
2 | INS-PBA-015 | Bahasa Arab II | Baru | √ | √ | Mengikut Keseragaman Matakuliah Institusi. | Stakeholders, dosen, pakar, ketua lembaga dan pemerhati bahasa Arab | Smstr II /
2018 |
3 | FTIK-PBA-020 | Metode Penelitian | Baru | √ | √ | Mengacu ke kurikulum KKNI | Stakeholders, dosen, pakar, ketua lembaga dan pemerhati bahasa Arab | Smstr III/
2018 |
4 | FTIK-PBA-021 | Metode Penelitian Pendidikan | Baru | √ | √ | Mengacu ke kurikulum KKNI | Stakeholders, dosen, pakar, ketua lembaga dan pemerhati bahasa Arab | Smstr VI /
2018 |
Adapun capaian pembelajaran program studi Pendidikan Bahasa Arab diturunkan dari profil lulusan yang mengacu pada Kurikulum KKNI dan SN-Dikti.
Profil lulusan program studi Pendidikan Bahasa Arab dirumuskan sebagai berikut:
- Guru Bahasa Arab;
- Interpreter atau Penerjemah;
Profil lulusan tersebut memiliki ciri tertentu yaitu memiliki kepribadian dengan menjunjung tinggi tata nilai dan moral, berjiwa nasionalisme, dalam membina hubungan yang bermartabat dan berwawasan lingkungan, mempunyai jiwa kepemimpinan dan mampu bekerja sama dalam tim work lintas disiplin ilmu, serta memiliki kepekaan budaya.
Deskripsi capaian pembelajaran, profil lulusan program studi Pendidikan Bahasa Arab yang disesuaikan dengan Level 6 KKNI adalah sebagai berikut:
DESKRISPTOR KUALIFIKASI SDM LEVEL 6 KKNI PRODI PBA INSTITUT AGAMA ISLAM DDI POLEWALI MANDAR | |
(1) | (2) |
Deskripsi Generik Level 6:
(Paragraf Pertama) Deskripsi Spesifik: |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
1. Mampu menguasai dan penerapkan pengetahuan dan teknologi terkait dengan proses pembelajaran Bahasa Arab serta meandplikasikan ICT dalam peningkatan mutu pembelajaran Bahasa Arab 2. Mampu memcahkan permasalahan dan segala hambatan dalam proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab serta dapat beradaptasi dalam segala situasi yang dihadapi dengan segala tindakan positif dan konstruktif dan berdasarkan atas kepentingan bersama. 3. Mampu menciptakan suasana dan/atau kondisi kelas yang kondusif dan mengkreasikan berbagai media pembelajaran sebagai pemudah penguasaan peserta didik dalam belajar bahasa Arab 4. Mampu mendisain proses pembelajaran dan penguasaan media dan teknik-teknik adaptif dalam pengajaran bahasa Arab, teknologi dan ICT dalam pembelajaran. |
Deskripsi Generik Level 6:
(Paragraf Kedua)
Deskripsi Spesifik:
|
Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
1. Mampu menguasai konsep dan prinsip bidang inti pengajaran bahasa Arab: Maharatul Kitabah, Maharatu Istima’, Maharatul Kalam dan Maharutul Qiraah, dengan didukung oleh beberapa pengetahuan micro-linguistics. 2. Mampu memecahkan permasalahan pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab secara baik melalui berbagai tindakan konstruktif dan serta kolaboratif dalam tim dan/atau teman sejawat. 3. Mampu mereumuskan berbagai dan ragam perencanaan pembelajaran dalam bahasa Arab pada setiap tingkat satuan sekolah/madrasah, dan dapat mendesain berbagai permasalahan dalam metodologi pengajaaran yang adaptif. 4. Menguasai teori, konsep, pendekatan, metode dan teknik yang lebih spesifik dan relevan dalam kebutuhan pendidik |
Deskripsi Generik Level 6:
(Paragraf Ketiga) Deskripsi Spesifik:
|
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
1. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya di bawah tanggung jawabnya, dan mengevaluasi kinerjanya secara komprehensif dengan memanfaatkan pengetahuan dan cara-cara pengajaran dan pembelajaran dalam bahasa Arab 2. Mampu mendesain perangkat pembelajaran dan dan pemanfaatan ICT. serta dalam rangka penciptaan lankah-langkah pengembangan strategis pengejaran dan/atau pembelajran (menyiapkan perencanaan pembelajaran, memilih teknik pengajaran yang adaptif dan kreatif, mendisain instrument sebagai evaluasi keberhasilan siswa(i), dapat memeberikan penilaina yang objektif dan jujur) dalam pengelolaan pembelajaran secara berkelanjutan dan dinamis. |
Deskripsi Generik Level 6:
(Paragraf Keempat) Deskripsi Spesifik:
|
Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
1. Bertanggungjawab dalam melakukan pengelolaan bagian-bagian dari proses pendidikan atau dalam menyiapkan, menangani, dan megelola kependididkan bahasa Arab baik dalam bidang kelembagaan, pengajaran, maupaun pada proses pengelolaan kelas, bertanggungjawab dalam manufaktur pada institusi pendidikan pemerintah atau swasta. 2. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya di bawah tanggung jawabnya dengan pemanfaatan pengetahuannya dan kebiajaknnya pada isntitusi pendidikan di lingkungan kerjanya sehingga menghasilkan pengembangan strategis organisasi dan atau isntitusi pendidikannya. |
Jenis Mata Kuliah | SKS | Keterangan |
(1) | (2) | (3) |
Mata Kuliah Wajib | 141 | Mata kuliah wajib ini terdiri rumpun Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP), Mata Kuliah Keahlian Profesi (MKKP), Mata Kulaiah Latihan Profesi (MKLP), dan Mata Kuliah Keahlian Akademik Program Studi (MKKA-Prodi) |
Mata Kuliah Pilihan | 9 | Mata Kuliah Pilihan keseluruhan terdiri dari 18 SKS dan Mahasiswa wajib memilih sebanyak 9 SKS yang tersebar dibeberapa semester. |
Total | 150 |
No. | semester | Kode Mata Kuliah | Nama Mata Kuliah | Mata Kuliah Kom-petensi 1) | Bobot Kredit
(sks) |
Konversi Kredit ke Jam 2) | Capaian Pembelajaran 3) | Dokumen Rencana Pembela-jaran3) | Unit Penye-lenggara | |||||
Kuliah/Responsi/Tutorial | Seminar | Praktikum/Praktik/Praktik Lapangan | Sikap | Pengetahuan | Keterampilan Umum | Keterampilan Khusus | ||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 |
1 | I | INS-PBA-009 | BahasaIndonesia | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
2 | I | INS-PBA-010 | Pancasila | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
3 | I | INS-PBA-001 | IAD/IBD/ISD | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
4 | I | INS-PBA-002 | StudiIslam | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
5 | I | INS-PBA-003 | UlumulQur’an | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
6 | I | INS-PBA-005 | BahasaInggris 1 | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
7 | I | PBA-001 | MaharahIstima’I | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
8 | I | PBA-003 | MaharahKalamI | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
9 | I | INS-PBA-013 | Ke-DDI-an | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
10 | I | FTIK-PBA-022 | Metode Pemb. Al-Qur’an (BTQ) | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
11 | I | INS-PBA-014 | Bahasa Arab I | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | ||
12 | II | INS-PBA-011 | Pend. Kewarganegaraan | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
13 | II | INS-PBA-007 | Filsafat Umum | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
14 | II | INS-PBA-004 | UlumulHadits | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
15 | II | FTIK-PBA-002 | Fiqih Ibadah | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
16 | II | INS-PBA-006 | Bahasa Inggris II | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
17 | II | FTIK-PBA-001 | Dasar-DasarPendidikan | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
18 | II | PBA-002 | MaharahIstima’II | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
19 | II | FTIK-PBA-025 | KomputerPraktis | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
20 | II | PBA-018 | Sharf I | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
21 | II | INS-PBA-008 | SejarahPeradabanIslam | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
22 | II | INS-PBA-015 | Pend. Kewarganegaraan | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
23 | II | INS-PBA-011 | Filsafat Umum | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
24 | II | INS-PBA-007 | Bahasa Arab II | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | ||
25 | III | FTIK-PBA-005 | UshulFiqh | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
26 | III | INS-PBA-014 | Kewirausahaan | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
27 | III | PBA-012 | TarjamahI | √ | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | |||
28 | III | FTIK-PBA-020 | MetodePenelitian | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | ||
29 | III | FTIK-PBA-007 | Filsafat pendidikanIslam | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | |||
30 | III | PBA-020 | Qawaid/Nahwu I | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
31 | III | PBA-019 | SharfII | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
32 | III | PBA-013 | Metode & Perenc.Sistem Pemb. BA | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
33 | III | FTIK-PBA-006 | PsikologiPerkembangan | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | |||
34 | III | FTIK-PBA-019 | Administrasi Pendidikan | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | |||
35 | IV | FTIK-PBA-015 | TafsirTarbawi | 3 | 150 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | |||
36 | IV | PBA-014 | Media dan Teknik Pembelajaran B.A | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
37 | IV | PBA-021 | Qawaid /Nahwu II | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
38 | IV | FTIK-PBA-018 | Supervisi Pendidikan | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | |||
39 | IV | PBA-022 | MaharahKitabahI/Insya’ | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
40 | IV | FTIK-PBA-008 | PsikologiPendidikan | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | |||
41 | IV | PBA-004 | MaharahKalamII | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
42 | IV | PBA-005 | MaharahQira’ahI | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
43 | IV | FTIK-PBA-003 | IlmuTasawuf/Akhlaq | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Institusi | |||
44 | V | FTIK-PBA-010 | BimbinganKonseling | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | |||
45 | V | FTIK-PBA-017 | StrategiPembelajaran | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | |||
46 | V | PBA-006 | MaharahQira’ahII | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
47 | V | FTIK-PBA-012 | StatistikPendidikan | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | |||
48 | V | PBA-013 | TarjamahII | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
49 | V | PBA-023 | MaharahKitabah II | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
50 | V | PBA-010 | Balagha I | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
51 | V | PBA-026 | Tela’ahBukuTeks BahasaArab | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
52 | V | FTIK-PBA-009 | PsikologiBelajar | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | |||
53 | VI | FTIK-PBA-016 | Hadist Tarbawi | 3 | 150 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | |||
54 | VI | FTIK-PBA-024 | MicroTeaching I | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | ||
55 | VI | FTIK-PBA-014 | Analisis & Pengemb. Kurikulum | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | ||
56 | VI | F FTIK-PBA-013 | Sosiologi Pendidikan | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | |||
57 | VI | F FTIK-PBA-011 | IlmuPendidikanIslam | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | |||
58 | VI | FTIK-PBA-021 | Metode Penelitian Pendidikan 2 | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | ||
59 | VI | Mata Kuliah Pilihan I | 3 | 150 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||||
60 | VIII | FTIK-PBA-023 | Profesi Keguruan | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Fakultas | |||
61 | VIII | PBA-027 | Peng. SistemEvaluasi PBA. | √ | 3 | 150 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
62 | VIII | FTIK-PBA-024 | MicroTeaching II | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
63 | VIII | PBA-024 | Tarikh al-Lugha al-Arabiyah | √ | 3 | 150 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
64 | VIII | PBA-011 | Balaghah II | √ | 2 | 100 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||
65 | VIII | Mata Kuliah Pilihan 2 | 3 | 150 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||||
66 | VIII | Mata Kuliah Pilihan 3 | 3 | 150 Menit | √ | √ | √ | √ | RPS/Outline | Prodi | ||||
67 | VIII | FTIK-PBA-026 | PPL | √ | 4 | 200 Menit | Buku Panduan | Fakultas | ||||||
68 | VIII | INS-PBA-012 | KKN | √ | 4 | 200 Menit | Buku Panduan | Institusi | ||||||
69 | VIII | PBA-024 | Skripsi | √ | 4 | 300 Menit | Buku Pedoman | Prodi | ||||||
Jumlah | 87 | 66 | 1 | |||||||||||
DAFTAR MATAKULIAH PILIHAN | PBA-029 | Al-Arabiyyah li al-Athfal | √ | 3 | RPS/Outline | Prodi | ||||||||
PBA-009 | Al-Arabiyyah li al-Hajj wa al-Umrah | √ | 3 | RPS/Outline | Prodi | |||||||||
PBA-030 | Al-Arabiyyah li al-Siyahah | √ | 3 | RPS/Outline | Prodi | |||||||||
PBA-031 | Desain Buku Ajar | √ | 3 | RPS/Outline | Prodi | |||||||||
PBA-032 | Khitabah | √ | 3 | RPS/Outline | Prodi | |||||||||
PBA-034 | Ilmu al-Aswat | √ | 3 | RPS/Outline | Prodi | |||||||||
Jumlah | 18 |
- Pembelajaran
Karakteristik pembelajaran yang diterapkan di program studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan lebih condong kepada sistem pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning) dengan menggunakan straegi active learning, diskusi dan memanfaatkan mahasiswa yang unggul untuk aktif dalam pembelajaran sejawat dan pembelajaran kolaboratif. Begitupun juga dengan pemanfaatan Wifi Institut untuk menunjang pembelajaran bahasa Arab jarak jauh Arabic Online (e-learning) sebagai follow up dari hasil kerjasama Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar dengan Saudi Electronic University Saudi Arabia yang menjadi ciri khas dan daya unggul tersendiri Prodi Pendidikan Bahasa Arab.
Dokumen berupa Satuan Acara Pembelajaran (SAP) dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang dibuat oleh kelompok kerja dosen memuat capaian pembelajaran, materi, metode, penilaian, serta referensi. Agar pembelajaran mata kuliah yang berjenjang berkesinambungan dan runtut maka diberikan kepada satu orang dosen dalam mengampu mata kuliah tersebut.
Adapun Materi yang diajarkan sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan, hal ini dapat dilihat batasan materi ajar yang ditanda tangani oleh dosen pengampu mata kuliah dalam jurnal perkuliahan di setiap pertemuan. Sedangkan proses pembelajaran dalam perkuliahan berlangsung dalam bentuk interaktif antara dosen mahasiswa, dan sumber belajar.
Sedangkan bobot jenis mata kuliah yang didistribusikan dalam kurikulum program studi Pendidikan Bahasa Arab sebagaimana dalam Tabel 5.a LKPS adalah sebanyak 150 SKS, dengan rincian sebagai berikut:
- 141 SKS untuk jenis Mata Kuliah Wajib; yang terdiri dari rumpun Mata Kuliah Umum (MKU) , Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP), Mata Kuliah Keahlian Profesi (MKKP), Mata Kuliah Latihan Profesi (MKLP), dan Mata Kuliah Keahlian Akademik Program Studi (MKKA-Prodi).
- 9 SKS untuk jenis Mata Kuliah Pilihan yang dipilih oleh Mahasiswa dari 18 SKS yang tersebar di beberapa semester.
Terdapat dua uraian terkait pelaksanaan proses pembelajaran, yaitu:
- Pelaksanaan pembelajaran berlangsung dalam bentuk interaksi antara dosen, mahasiswa, dan sumber belajar dalam lingkungan belajar tertentu secara online dan offline dalam bentuk audiovisual terdokumentasi.
- Metode pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan capaian pembelajaran yang di-rencanakan pada 75% s.d. 100% mata
Proses pembelajaran disusun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan capaian pembelajaran lulusan. Hal tersebut tergambar dalam RPS dosen pengampu mata kuliah dalam melaksanakan proses pembelajaran dalam kelas, mulai dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan penutup.
Adapun Monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran dilakukan oleh Unit Penjaminan Mutu dengan memantau kehadiran dosen dan mahasiswa serta kesesuaian materi yang disampaikan dengan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) atau Rencana Program Kegiatan Perkuliahan Semester (RPS). Materi Soal Ujian tengah dan akhir semester (UTS) dan (UAS). Adapun evaluasi terhadap materi perkuliahan (Hasil Belajar Mahasiswa), dilakukan setiap akhir semester melalui isian kusioner Institut Agama Islam (IAI) DDI Polewali Mandar (baik via link google classroom, google form dan lain-lain) dan Presensi Dosen. Selanjutnya dilakukan evaluasi oleh Unit Penjamin Mutu bersama prodi melalui rapat pleno akhir semester untuk melakukan tindak lanjut terhadap hasil evaluasi yang tidak relevan.
Adapun alur penyusunan dan monitoring perkuliahan adalah sebagai berikut:
Teguran lisan atau Teguran Tertulis |
Mulai |
Ka Prodi Menunjuk UPM |
Pemantauan Pelaksanaan Perkuliahan |
Melaporkan Hasil Pemantauan |
Pembahasan |
Temuan dan hasil |
Tindak lanjut |
Surat Tugas |
Penyusunan dan Monitoring Materi Perkuliahan |
Adapun penilaian pembelajaran yang ada pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab terpenuhi 5 prinsip penilaian yang dilakukan secara integratif yaitu edukatif, otentik, objektif, akuntabel, dan transparan yang dilengkapi dengan rubrik/portofolio penilaian minimum 70% jumlah matakuliah.
Penilaian pembelajaran menunjukkan adanya kesesuaian teknik dan instrumen penilaian terhadap capaian pembelajaran minimum 75% s/d 100% dari jumlah matakuliah. Teknik penilaian yang digunakan terdiri dari observasi, partisipasi, unjuk kerja, test tertulis, test lisan, dan angket. Adapun instrumen penilaian terdiri dari penilaian proses dalam bentuk rubrik, dan/ atau penilaian hasil dalam bentuk portofolio, atau karya desain.
Pelaksanaan penilaian pembelajaran pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan khususnya Program Studi Pendidikan Bahasa Arab mencakup 7 unsur, yaitu:
- mempunyai kontrak rencana penilaian,
- melaksanakan penilaian sesuai kontrak atau kesepakatan,
- memberikan umpan ba-lik dan memberi kesempatan untuk memper-tanyakan hasil kepada mahasiswa,
- mempunyai dokumentasi penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa,
- mempunyai prosedur yang mencakup tahap perencanaan, kegiatan pemberian tugas atau soal, observasi kinerja, pengembalian hasil ob-servasi, dan pemberian nilai akhir,
- pelaporan penilaian berupa kualifikasi keberhasilan mahasiswa dalam menempuh suatu mata kuliah dalam bentuk huruf dan angka, mempunyai bukti-bukti rencana dan telah melakukan proses perbaikan berdasar hasil monev penilaian.
Untuk mengetahui mutu pelaksanaan penilaian pembelajaran maka dibutuhkan sebuah usaha untuk mengukur ketercapaian capaian pembelajaran lulusan berdasarkan prinsip penilaian. Nilai akhir sebuah mata kuliah merupakan akumulasi dari sekian banyak dari hasil ujian dalam perkuliahan, mulai dari nilai tugas, nilai diskusi, quis, persentasi absensi kehadiran, ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Nilai akhir suatu mata kuliah dinyatakan dengan nilai mutu yang diberi angka standar yaitu:
- Nilai A, bobot 4
- Nilai B, bobot 3
- Nilai C, bobot 2
- Nilai D, bobot 1
- Nilai E, bobot 0
Dan dalam tiga tahun terakhir, terdapat 5 produk penelitian atau Pengabdian kepada Masyarakat yang dihasilkan oleh fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan khususnya Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang dapat diintegrasikan pada mata kuliah yang terdapat pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Sesuai dengan isian LKPS 5.b terdapat 5 Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat terintegrasikan kedalam 8 mata kuliah program studi Pendidikan Bahasa Arab.
- Suasana akademik
Kegiatan intrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan oleh penyelenggara pendidikan yang sudah teratur, jelas dan terjadwal dengan sistematik yang merupakan program utama dalam proses pendidikan. Sedangkan kegiatan kokurikuler adalah kegiatan yang sangat erat sekali dan menunjang serta membantu kegiatan intrakurikuler yang biasanya dilaksanakan diluar jadwal intrakurikuler dengan maksud agar mahasiswa lebih bisa memahami dan memperdalam materi yang ada di intrakurikuler. Maka untuk meningkatkan suasana akademik dan meningkatkan kegiatan akademik formal, dosen pengampu mata kuliah biasanya menyampaikan tema atau pembahasan selanjutnya untuk dikaji dan mendalami di perkuliahan selanjutnya, dan atau memberikan kegiatan meneliti sebuah kasus (studi kasus) untuk didiskusikan lebih lanjut dalam perkuliahan.
No. | Waktu | Nama dan Tema Kegiatan | Tempat |
(1) | (2) | (3) | (4) |
1. | Sebelum Masa sospem | OPAK (Orientasi
Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan) |
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
2. | Sebelum Kuliah Semster Petama Untuk Mahasiswa Baru | Sospem (Sosialisasi
Pembelajaran) |
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
3. | Dilaksanakan setelah masa sosialisasi pembelajaran | Studium Generale | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
4. | Dilaksanakan 2 kali dalam satu tahun | Kuliah Umum | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
5. | Dilaksanakan sekali setahun di awal tahun | Rapat Kerja | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
6. | Dilaksanakan 2 kali Setahun | Seminar | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
7. | Dilaksanakan minimal setahun satu kali | Workshop/Lokakarya | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
8. | Dilaksanakan minimal 2 kali dalam setahun | Bedah Buku | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
9. | Dilaksanakan 2x setahun yaitu setiap semester. | Biah Arabiah | Prodi Pendidikan Bahasa Arab. |
Adapun untuk kegiatan lebih luas dalam meningkatkan suasana akademik, sebagaimana pada tabel berikut:
- Indikator Kinerja Tambahan
Indikator kinerja tambahan pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab adalah sebagai berikut:
- Mereview kurikulum program studi Pendidikan Bahasa Arab sesuai perkembangan zaman atau dalam menghadapi era industri 4.0 sebagimana yang telah dibahas dalam pertemuan-pertemuan ilmiah IMLA Indonesia.
- Melaksanakan pembelajaran berbasis e-learning seperti arabic online, TOAFL sehingga mahasiswa dapat mengakses materi pelajaran secara online dan mengasah keterampilan berbahasa Arab lebih intens.
- Memediasi dan memfasilitasi dosen untuk menerbitkan hasil penelitian ilmiah mereka ke jurnal-jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kependidikan terakreditasi Nasional.
- Evaluasi Capaian Kinerja
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di awal pendiriannya di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar terkendala dengan Sumber Daya Manusia atau DTPS yang linier dengan keahliannya dalam Pendidikan Bahasa Arab, sehingga Program studi bersama UPPS mengadakan penerimaan dosen tetap, memfasilitasi DTPS untuk mengurus Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), Pangkat dan Jabatan, dan memberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan pengembangan kompetensi Dosen Bahasa Arab, Daurah Tadribiyah li al-Lughah al-Arabiyah dan mengikut sertakan dalam Academic Writing Penulisan Jurnal Nasional Terakreditasi. Begitupun juga terhadap Mahasiswa untuk memediasi dan memfasilitasi untuk ikut serta dalam kegiatan Lomba Presentasi Bahasa Arab dan Workshop Bahasa Arab Nasional tingkat Mahasiswa seperti yang pernah dilakukan di Universitas Negeri Malang, Jawa Timur.
Dalam mengasah keterampilan bahasa Arab dosen dan mahasiswa, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar juga ber-MoA dengan Saudi Electronic University pada tahun 2018 di Universitas Negeri Malang Jawa Timur bersama dengan beberapa Kampus terkemuka di pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan dalam bidang pembelajaran Bahasa Arab jarak jauh dengan Program Pembelajaran Bahasa Arab Online (Arabic Online) untuk membekali mereka untuk membekali kemampuan dan kompetensi bahasa Arab berstandar internasional (Test TOAFL).
Disamping itu, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab juga menjajaki beberapa kerjasama (MoU) dengan lembaga dan asosiasi profesi kebahasaaraban seperti Ittihad Mudarrisi al-Lughah al-Arabiyah (IMLA), Perkumpulan Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PP-PBA) dan Perkumpulan Pengelola Jurnal Kajian Bahasa Arab (PP-JKBA) untuk menunjang peningkatan soft skills dan hard skills DTPS Pendidikan Bahasa Arab terkait penelitian, menulis jurnal dan pengelolaan jurnal bahasa Arab terindeks pengindeks SINTA.
Pembelajaran yang ada di Program Studi Bahasa Arab yang dulunya masih offline, di era industri 4.0 ini pembelajaran Bahasa Arab di program studi Pendidikan Bahasa Arab sementara mencoba menerapkan pembelajran bahasa arab yang berorientasi kepada e-learning atau online secara konstruktif dan mandiri meski hanya beberapa mata kuliah tertentu saja, sebagai bentuk respon program studi terhadap kemajuan dan perkembangan zaman.
Diantara keberhasilan Capaian Kinerja prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan juga adalah terlaksananya perkampungan Bahasa Arab dan Biah Arabiyah serta Workshop atau Daurah Tadribiyah Bahasa Arab.
Hanya saja yang menjadi kendala dan belum berhasil adalah belum tercapainya kuota permintaan kelas mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab sebanyak dua rombel dikarenakan selektif dalam meluluskan calon mahasiswa baru saat seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar karena kurangnya skill bahasa yang dimiliki oleh calon mahasiswa baru sehingga gugur di tes terakhir. Sehingga dominan yang lulus dalam selksi tersebut adalah alumnus dari Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren.
Evaluasi Capaian Kinerja |
|
Ketidakberhasilan dan Kendala |
Keberhasilan dan Tindak Lanjut |
(1) |
(2) |
1. Minimnya DTPS PBA yang linier dengan keahliannya
2. DTPS PBA belum ber-NIDN 3. DTPS PBA belum berpangkat/ golongan 4. Belum tercukupinya kuota mahasiswa sebanyak dua rombel 5. Terlalu selektif dalam penerimaan Calon Mahasiswa Baru |
1. Mengadakan Penerimaan Dosen Tetap Prodi PBA yang linier
2. Memfasilitasi pengurusan NIDN dan Pangkat/golongan DTPS 3. Memfasilitasi DTPS ikut serta dalam Pelatihan Pengembangan Kompetensi Dosen Bahasa Arab, Daurah Tadribiyah li al-Lughah al-Arabiyah dan Academic Writing Penulisan Jurnal Ilmiah Nasional 4. Memfasilitasi DTSP dalam keanggotaan IMLA 5. Bekerja sama (MoA) dengan Saudi Electronic University, Saudi Arabia dalam Program Pembelajaran Bahasa Arab Online (Arabic Online ) 6. Bekerja sama (MoU) dengan lembaga dan Asosiasi Profesi Kebahasaarban seperti IMLA, PP-PBA, dan PP-JKBA. 7. Pembelajaran bahasa Arab secara online (Program Arabic Online) 8. Pembentukan Bi’ah Arabiyah lewat Perkampungan Bahasa Arab (Muaskar al-lughah al-arabiyah) 9. Pelaksanaan Workshop dan Daurah Tadribiyah Bahasa Arab
|
- Penjaminan Mutu Pendidikan
Dalam melaksanakan penjaminan mutu akademik, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar membentuk Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) yang bertanggungjawab kepada Rektor dan Wakil Rektor I bidang akademik. Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) melaksanakan proses penjaminan mutu akademik, mulai dari perencanaan sistem, pembuatan dokumen, implementasi dan pelaksanaan audit mutu akademik internal dilingkungan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar.
Sebagai evaluator dalam penjaminan mutu pendidikan, pelaksanaannya dilakukan berjenjang yang dimonitoring tiap akhir pelaksanaan Ujian Akhir Semester ke setiap program studi dengan memantau kehadiran dosen dan keefektifitasan dan efisiensi perkuliahan berdasarkan kurikulum yang telah disusun dan dicanangkan.
Adapun evaluasi terhadap materi perkuliahan (Hasil Belajar Mahasiswa), dilakukan setiap akhir semester melalui isian kusioner Institut Agama Islam (IAI) DDI Polewali Mandar (baik via link google classroom, google form, atau pengumpulan absensi kehadiran atau jurnal perkuliahan dari sekretaris program studi dan pendukung lainnya). Selanjutnya dilakukan evaluasi oleh Unit Penjamin Mutu bersama prodi melalui rapat pleno akhir semester untuk melakukan tindak lanjut terhadap hasil evaluasi yang tidak sesuai yang kemudian akan dijadikan sebagai acuan dalam penetapan dosen pengampu mata kuliah semester selanjutnya.
- Kepuasan Pengguna
Berdasarkan aspek yang diukur dalam Tabel 5.c LKPS mulai dari keandalan (reliability) SDM institut dalam memberikan pelayanan, daya tanggap (responsiviness) SDM institut dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa yang cepat, kepastian (assurance) kapasiti SDM institut dalam hal kesesuaian pelayanan dengan ketentuan, empati (empathy) SDM institut dalam pemberian atensi, dan tangible aksesibitas dan kualitas sarana prasarana institut terhadap kepuasan pengguna, nampak jelas bahwa tingkat kepuasaan mahasiswa tergolong sangat baik dengan kepuasan rata-rata 80%, yang didukung dengan nilai baik sebanyak 12%. Sedangkan 8% mahasiswa menilai cukup terhadap aspek-aspek yang diukur dalam tingkat kepuasan mahasiswa.
Untuk menyikapi kekurangpuasan mahasiswa pada lima aspek tersebut maka akan diadakan rencana tindak lanjut oleh UPPS/PS seperti pada poin aspek reliability akan diadakan peningkatan SDM dan fasilitas layanan, pada poin aspek responsiviness akan diadakan peningkatan sosialisasi pelayanan terhadap Civitas Akademika, pada poin aspek assurance akan ditindaklanjuti dengan akan mengadakan peningkatan kualitas pelayanan, pada poin aspek empathy akan ditindak lanjuti dengan mengintensifkan seluruh dosen Penasehat Akademik, dan pada poin terakhir aspek tangible akan ditindaklanjuti dengan membagikan angket kepuasan kepada mahasiswa secara rutin.
Dari segi penyusunan kurikulum, kurikulum yang dianut dan digunakan oleh program studi pendidikan Bahasa arab di Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar sudah sesuai dengan amanat permendikbud dan standar kurikulum KKNI dan SN-Dikti. Dari beberapa kelebihan yang dimiliki oleh program studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar.
Sarana prasarana multimedia dengan pemanfaatan Wifi, kerjasama (MoA) dengan Saudi Electronic University dengan program pembelajaran Bahasa Arab Online jarak jauh (Arabic Online) dan beberapa MoU dengan lembaga dan asosiasi profesi kebahasaaraban serta rasio dosen yang mumpuni dan linier dibidang pendidikan Bahasa Arab diharapkan bisa memacu dan memicu lonjakan animo masyarakat khususnya alumni Madrasah Aliyah dan Pesantren-pesantren di Sulawesi Barat untuk lanjut studi di program studi Pendidikan Bahasa Arab di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar.
Terlepas dari kekurangan yang ada di Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, UPPS Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar akan selalu berbenah dengan baik semampunya mengahadapi perubahan dan perkembangan orientasi pendidikan khususnya di era industri 4.0.
- Simpulan Hasil Evaluasi Serta Tindak Lanjut
Dari segi penyusunan kurikulum, kurikulum yang dianut dan digunakan oleh program studi Pendidikan Bahasa Arab di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar sudah sesuai dengan amanat permendikbud dan standar kurikulum KKNI dan SN-Dikti.[]
”’