I. VISI, MISI, TUJUAN DAN STRATEGI
-
- Latar Belakang
- Latar Belakang
- Latar Belakang
Pembangunan nasional di bidang pendidikan merupakan upaya mencerdaskan kehidupanbangsa yang memberi peluang kepada warga negaranya untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kualitasnya secara nalariah berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945. Pendidikan Tinggi sebagai institusi Pendidikan mengemban amanat Konstitusi dan berkewajiban menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau professional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan/teknologi, dan/atau kesenian, serta mampu menyebarluaskan dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar sebagai lembaga pendidikan tinggi nasional turut serta bertugas membentuk dan mengembangkan kepribadian serta kemampuan manusia seutuhnya, membina ilmu pengetahuan dan teknologi, melestarikan dan mengembangkan secara ilmiah unsur-unsur dari keseluruhan kebudayaan Indonesia, serta lingkungan hidup dan lingkungan alaminya, diselenggarakan dalam rangka pembangunan bangsa dan negara untuk mewujudkan cita- cita Proklamasi Kemerdekaan seperti tercantum dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945.
Agar visi Institusi terlaksana dengan baik perlu diselenggarakan kegiatan akademik yang memelihara suasana akademik yang memungkinkan para mahasiswa peserta didik dan lulusan berkemampuan untuk berkembang secara mandiri, berjiwa pembangunan, bertekad tepat waktu, menghormati hak asasi manusia, memiliki baik budi pekerti dan budi bahasa yang baik. Agar citra pelaksanaan kegiatan tersebut berhasil maka disusunlah rencana pelaksanaan akademik sebagai perangkat lunak pendidikan yang berlaku untuk seluruh komponen yang ada dalam lingkup Institut Agama Islam DDI Polewali mandar , baik bagi mahasiswa, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, pihak yang berkepentingan serta unsur lain yang terkait.
Guna mewujudkan tujuan tersebut, maka Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana tercantum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan ikut serta membangun daerah dan masyarakat menuju masyarakat modern dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Demi menjamin terlaksananya proses pendidikan di Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar maka disusunlah Visi, misi, tujuan dan strategi yang dibakukan untuk dijadikan acuan oleh semua unsur yang ada di dalamnya.
- Tujuan
Institut Agama Islam (IAI) DDI Polewali Mandar dalam menyelenggarakan pendidikannya bertujuan:
- Menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni yang Islami.
- Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan keislaman, teknologi dan seni Islam serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan Nasional.
- Meningkatkan kualitas manusia Indonesia sebagai khalifah Allah yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt., berilmu amaliah dan beramal ilmiah, berakhlak mulia, mandiri, cerdas, terampil, kreatif, sehat jasmani dan rohani, cinta tanah air dan memiliki rasa Ukhuwah Ad-Dariyah, Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah dan Ukhuwah Insaniyah.
Untuk mencapai tujuan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) pasal ini, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar menyelenggarakan pendidikan tinggi yang tercakup dalam tridarma perguruan tinggi.
- Rasional
Bahwa visi, misi tujuan dan strategi Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar disusun berdasarkan rasionalitas keberadaan perguruan tinggi itu sendiri, sejak dari awal berdirinya sampai sekarang. Rasionalnya, Visi Misi, tujuan dan strategi yang dimaksud sebagai berikut :
- Berdirinya Institut Agama Islam Darud Da’wah Wal-Irsyad (IAI DDI) Polewali Mandar berawal dari Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Addariyah (UID) DDI Pare-Pare Privinsi Sulawesi Selatan cabang Polmas dengan Surat Keputusan Nomor: Kpts-06/UI/DDI/1974, tanggal 26 Februari 1974.
- Institut Agama Islam Darud Da’wah Wal-Irsyad (IAI DDI) Polewali Mandar yang saat itu Institut Agama Islam Darud Da’wah Wal-Irsyad (IAI DDI) Polewali Mamasa memperoleh izin terdaftar dari Departemen Agama Republik Indonesia dengan Surat Keputusan dari Direktur Jenderal Bimas Islam Nomor: Kep/D.V/15/1976 tanggal, Tertanggal 03 Januari 1976.
- Berubahnya Fakultas Tarbiyah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) DDI Polewali Mamasa berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari Pengurus Besar (PB-DDI) Nomor: PB/E.II/III/1989, Tanggal 27 Maret 1989.
- Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Darud Da’wah Wal-Irsyad Polewali Mamasa yang disingkat dengan nama (STIT DDI Polmas) berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah Wal-Irsyad Polewali Mamasa yang disingkat dengan nama (STAI DDI Polmas) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 31 Tahun 1995 tanggal 30 Juni 1995 dengan izin terdaftar pada Kementerian Agama R.I. Nomor: 285 Tahun 1995.
- Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah Wal-Irsyad Polewali Mandar yang disingkat dengan nama (STAI DDI Polman) berusaha berubah bentuk menjadi Institut Agama Islam Darud Da’wah Wal-Irsyad Polewali Mandar yang disingkat dengan nama (IAI DDI Polman) dengan penambahan Program Studi Baru dengan mengajukan Surat Kepada Menteri Agama Republik Indonesia dan Kementerian dan Badan yang terkait melalui Surat rekomendasi dari Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam disingkat (Koopertais) Wilayah VIII Sulawesi Maluku dan Papua yang ada di Makassar.
- Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah Wal-Irsyad Polewali Mndar yang disingkat dengan nama (STAI DDI Polman) berubah menjadi Institut Agama Islam Darud Da’wah Wal-Irsyad Polewali Mandar yang disingkat dengan nama (IAI DDI Polman) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 31 Tahun 2014 tanggal 08 Oktober 2014 dengan izin terdaftar pada Kementerian Agama R.I. Nomor: 285 Tahun 2014. Dengan jumlah Program Studi saat itu adalah enam yaitu (1) Pendidikan Agama Islam (PAI), (2) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), (3) Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA), (4) Akhwal Al Syakhsiah (AS), (5) Perbankan Syariah (PS), (6) Bimbingan dan Konseling Islam (BKI).
- Institut Agama Islam Darud Da’wah Wal-Irsyad Polewali Mandar yang disingkat dengan nama (IAI DDI Polman) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 31 Tahun 2014 tanggal 08 Oktober 2014 dengan izin terdaftar pada Kementerian Agama R.I. Nomor: 285 Tahun 2014. Diatas berhasil menambah jumlah Program Studi sebanyak 4 (empat) program studi baru yaitu (1) Pendidikan Bahasa Arab (PBA), (2) Ekonomi Syariah (ES), (3) Hukum Tata Negara (HTN), (4) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).
- Pada tahun 2019, saat ini Institut Agama Islam Darud Da’wah Wal-Irsyad Polewali Mandar yang disingkat IAI DDI Polewali Mandar sudah memiliki Sepuluh (10) Program Studi pada program strata satu (S-1) dan/atau 4 (empat) Fakultas.
- Mekanisme Penetapan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi (VMTS) UPPS
Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategi pencapaian fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan pada Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar melibatkan Pimpinan Fakultas, Pimpinan Prodi dan semua dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dan mengacu pada Visi, misi, Tujuan dan sasaran pencapaian Institut yaitu ”Menjadi institut yang terdepan dalam pengembangan sumber daya manusia yang berprestasi dalam bidangnya berdasarkan tri logi DDI (pendidikan, dakwah, usaha sosial) di Indonesia Timur tahun 2030” serta mempertimbangkan kualitas atau keunggulan yang dimiliki oleh program studi dan kebutuhan stakeholder/masyarakat luas terhadap lulusan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI polewali Mandar.
- Kebijakan
- Penyusunan
Penyusunan draft visi, misi, tujuan dan sasaran fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dilakukan oleh Tim Penjaminan Mutu Fakultas dengan unsur dekanat. Draft yang telah disusun kemudian dibahas dalam rapat yang terdiri dari unsur kajur/kaprodi, dosen, mahasiswa prodi, alumni, stake holders. Masukan dari berbagai unsur tersebut draft dibahas oleh senat fakultas untuk mendapat masukan sekaligus persetujuan. Visi, misi, tujuan, dan sasaran (VMTS) fakultas yang telah mendapatkan persetujuan dan kesepakatan kemudian disahkan dan disosialisasikan kepada civitas akademika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam (IAI) DDI Polewali Mandar dan stokeholders. Selanjutnya mekanisme penyusunan Visi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan meliputi beberapa tahapan berikut ini:
- Pembentukan Tim Penyusun Renstra
Pembentukan Tim Penyusun Renstra untuk Tahun 2015-2020 ditetapkan oleh Rektor IAI DDI Polewali Mandar dengan Surat Keputusan bernomor: 082/IAI-DDI.06/C.VI/01.FTIK/V/2015 tertanggal 5 Mei 2015. Tim ini terdiri dari unsur pimpinan Fakultas, Ketua Prodi dan Tata Usaha.
- Mengkaji visi dan misi FTIK
Kajian Visi dan Misi FTIK IAI DDI Polewali Mandar dilakukan dengan melibatkan unsur stakeholder internal. Aspek yang dikaji meliputi kesesuaian Visi dan Misi FTIK dengan Visi dan Misi Institut, sumber daya dan perkembangan lingkungan.
- Mendiagnosa lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan lingkungan eksternal (peluang dan ancaman)
Diagnosa dilakukan untuk menyusun analisis lingkungan internal dan eksternal institut dengan menggunakan analisi SWOT, dengan menggunakan pendekatan bobot dan rating dari setiap unsur FTIK. Selanjutnya hasil analisis ini digunakan sebagai dasar pemilihan strategi selanjutnya.
- Lokakarya penyusunan visi dan misi
Berdasarkan hasil analisis lingkungan dan sumber daya internal, dinilai perlu untuk menyempurnakan pernyataan Visi dan Misi FTIK dengan melibatkan segenap pemangku kepentingan dalam bentuk pelaksanaan Lokakarya. Hasil ini merupakan penyempurnaan dari Visi dan Misi FTIK IAI DDI Polewali Mandar.
- Visi dan Misi FTIK
Tahap terakhir adalah penetapan Visi dan Misi FTIK IAI DDI Polewali Mandar yang menjadi bagian dalam dokumen RENSTRA Tahun 2015-2020.
- Sosialisasi
Sosialisasi tentang VMTS FTIK dan Prodi Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar bagi dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan dilakukan dengan cara:
- Sosialisasi kepada Dosen:
- Dalam setiap rapat bersama baik dalam bentuk rapat Pimpinan, Dosen dan Staf FTIK Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar senantiasa diingatkan tentang VMTS yang ingin dicapai oleh FTIK dan prodi PBA dalam kurung waktu sampai pada tahun 2030.
- Setiap program studi diinstruksikan tentang VMTS yang ingin dicapai oleh FTIK dan prodi PBA dalam kurung waktu sampai pada tahun 2030 dan diingatkan kepada dosen agar setiap kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan berorientasi pada pencapaian VMTS FTIK dan prodi PBA.
Untuk melihat tingkat pemahaman dosen terhadap Visi, Misi, tujuan dan Sasaran maka Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan membagikan kuesioner kepada dosen yang ada lingkup FTIK sebanyak 87 orang, kuesioner itu dibagikan pada saat workshop pengampuh mata kuliah, dan tingkat pemahaman dari 87 dosen dengan melihat hasil kuesioner yang dipaparkan pada diagram diatas dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman dosen terhadap visi , Misi, Tujuan dan Sasaran mencapai 88%. Dengan demikian sosialisasi yang dilakukan FTIK terhadap dosen sangat berhasil.
- Sosialisasi kepada Tenaga Kependidikan:
- Dalam setiap rapat dengan karyawan selalu diingatkan tentang VMTS yang ingin dicapai oleh FTIK Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar.
- Setiap pekerjaan yang dilakukan karyawan diarahkan untuk mewujudkan VMTS FTIK Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar.
Untuk melihat tingkat pemahaman tenaga kependidikan terhadap VMTS FTIK maka FTIK membagikan kuesioner kepada Tenaga Kependidikan yang ada pada lingkup FTIK sebanyak 7 orang, kuesioner itu dibagikan pada saat workshop, dan tingkat pemahaman dari 7 dosen dengan melihat hasil kuesioner yang dipaparkan pada diagram diatas dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman dosen terhadap VMTS FTIK mencapai 83%. Ini menandakan bahwa sosialisasi VMTS FTIK yang dilakukan terhadap tenaga kependidikan sangat berhasil.
- Sosialisasi kepada Mahasiswa:
- Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PPKMB) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar senantiasa disampaikan tentang visi, misi, tujuan, dan sasaran Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar.
- Diterbitkannya sebuah buku Pedoman Akademik yang diberikan kepada semua mahasiswa yang di dalamnya berisi visi, misi, tujuan, dan sasaran Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar.
- Tugas akhir mahasiswa diarahkan untuk mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar.
- Setiap kegiatan yang yang dilakukan oleh mahasiswa senantiasa dikaitkan dengan pencapaian visi, misi, tujuan, dan sasaran Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar.
Untuk melihat tingkat pemahaman mahasiswa terhadap Visi, Misi, tujuan dan Sasaran maka Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan membagikan kuesioner kepada Mahasiswa yang ada lingkup FTIK sebanyak 83 orang, kuesioner itu dibagikan pada saat mengikuti kuliah perdana, dan tingkat pemahaman dari 83 Mahasiswa dengan melihat jasil kuesioner yang dipaparkan pada diagram diatas dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman dosen terhadap visi, Misi, Tujuan Sasaran mencapai 77%%. Dengan demikian sosialisasi yang dilakukan FTIK terhadap mahasiswa sangat berhasil.
- Strategi Pencapaian Visi, Misi, dan Tujuan
Adapun sasaran yang ingin dicapai oleh UPPS FTIK IAI DDI Polewali Mandar sampai pada tahun 2030 adalah sebagai berikut:
NO | SASARAN | STRATEGI PENCAPAIAN |
(1) | (2) | (3) |
1. | Menghasilkan lulusan yang lebih berkualitas dan bersaing ditingkat nasional dan internasional
|
1. Meningkatkan status akreditasi program Studi lingkup Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
2. Merancang kurikulum yang relevan dengan kebutuhan prodi berdasarkan kebutuhan dunia kerja mengacu pada kurikulum KKNI. 3. Meningkatkan kualitas SDM Dosen lingkup Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan 4. Membangun suasana akademik yang terintegrasi dengan kegiatan kurikuler dan non kurikuler, seperti penugasan, fasilitas publikasi ilmiah, pelatihan, PPL keilmuan, diskusi ilmiah, mengutus mahasiswa dalam forum ilmiah berdasarkan prodi. 5. Memfasilitasi kegiatan non kurikuler seperti pengembangan diri, diskusi ilmiah, seminar nasional, workshop, kuliah dosen tamu, pelatihan kepemimpinan, kunjungan akademik/studi banding. 6. Melibatkan mahasiswa ke dalam kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat bersama dosen. 7. Memfasilitasi perkembangan minat dan bakat mahasiswa melalui kegiatan intra dan ekstra kurikuler seperti DEMA, SEMA, LDK, IMDI dan UKM. 8. Memfasilitasi penyaluran lulusan melalui penyampaian informasi, dan kerjasama dengan dinas terkait dan alumni. |
2. | Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Dosen Lingkup Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan | 1. Memfasilitasi peningkatan jabatan fungsional dosen dan sertifikasi dosen pada setiap prodi.
2. Pengiriman dosen studi lanjut. 3. Pengiriman utusan dalam forum ilmiah. 4. Pengiriman utusan dalam pelatihan sesuai bidang keahlian. 5. Memfasilitasi sertifikasi keahlian profesional berdasarkan prodi. 6. Memfasilitasi kegiatan penelitian dan pengabdian. 7. Memfasilitasi kegiatan dan publikasi jurnal ilmiah. 8. Meningkatkan kemampuan praktis dosen melalui kerjasama dengan pihak luar yang relevan. 9. Memfasilitasi sarana dan prasarana akademik dosen dalam peningkatan kualitas/mutu dosen. 10. Membangun komitmen tinggi yang relevan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi sesama civitas akademik |
3. | Menghasilkan karya ilmiah yang berstandar nasional dan regional yang menjadi referensi dalam bidang pendidikan Islam.
|
1. Peningkatan publikasi hasil penelitian dosen lingkup Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan melalui Seminar dan loka karya tingkat nasional bahkan internasional.
2. Pengembangan sistem informasi tentang penelitian yang mendukung publikasi karya ilmiah dosen. 3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas terhadap karya ilmiah dosen lingkup Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
4. | Meningkatkan kerja sama dengan Instansi lain baik dalam maupun luar negeri dalam rangka penguatan kelembagaan dan pengembangan
|
1. Kerjasama dengan dinas terkait yang relevan dengan Prodi masing-masing, seperti sekolah dan pondok pesantren.
2. Menjalin kerjasama dengan alumni untuk penyaluran lulusan, perbaikan kurikulum berdasarkan masukan stakeholder yang didukung dengan ketersediaan sarana |
- Indikator Kinerja Utama
Indikator kinerja utama yang terdapat di dalam Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar yang telah dijelaskan di atas memiliki keterkaitan satu sama lain. Indikator kinerja utama dijabarkan dalam strategi pencapaian sasaran yang sangat jelas dan didukung oleh dokumen pengembangan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi. Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar dilakukan secara akuntabel dengan melibatkan semua pemangku kepentingan.
Visi “Terdepan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia” diwujudkan dengan selalu meningkatkan mutu Tridarma Perguruan Tinggi dan memperbaiki manajemen internal. Pendidikan yang bermutu tidak dapat dicapai, jika pengelolaan Perguruan Tinggi tidak menerapkan tata kelola yang baik.
Indikator kinerja utama mensyaratkan 8 karakteristik dasar, yaitu: partisipasi, orientasi pada konsensus, akuntabilitas, transparansi, responsif, efektif dan efisien, persamaan derajat dan inklusifitas, dan penegakan supremasi hukum.
Semua dokumen dan bukti mekanisme penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi pada penjelasan di atas ditunjukkan dalam bentuk bukti fisik ketika dilaksanakan visitasi aau asesmen lapangan.
Indikator kinerja utama dibuat pula dalam bentuk pernyataan mengenai milestone (tonggak-tonggak capaian) akan dijelaskan hal-hal: (1) rumusan tujuan dan pentahapannya, dan (2) tonggak-tonggak capaian (milestone), dan (3) mekanisme kontrol ketercapaian dan tindakan perbaikan.
- Indikator Kinerja Tambahan
Dalam penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan melibatkan semua pemangku kepentingan, yaitu pimpinan yayasan, Badan Pelaksana Harian (BPH), pimpinan institute Agama Islam DDI Polewali Mandar, ketua, wakil ketua, ketua jurusan, kepala biro, ketua lembaga, kepala UPT, ketua program studi, dosen, tenaga kependidikan, tenaga administrasi, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan. Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (FTIK IAI) DDI Polewali Mandar sebagai mana dalam tertuang dalam Statuta dan Rencana Induk Pengembangan (RIP) 2006-2030 serta Renstra 2016-2020 (Renstra Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan).
- Evaluasi Capaian VMTS
Mekanisme evaluasi ketercapaian dan tindakan perbaikan untuk menjamin pelaksanaan tahap-tahap pencapaian tujuan dilakukan dengan menyelenggarakan monitoring dan evaluasi (monev) Kesesuaian dan keunggulan didasarkan pada penilaian terhadap lingkungan eksternal, sedangkan konsistensi dan kelayakan didasarkan pada penilaian internal. Ruang lingkup evaluasi terdiri dari:
- Evaluasi terhadap dasar-dasar dari rencana strategis, yaitu analisis lingkungan eksternal dan analisis lingkungan internal.
- Membandingkan sasaran hasil yang diharapkan dengan pencapaian sasaran yang telah dicapai.
- Mengambil tindakan korektif untuk memastikan bahwa kinerja Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sesuai dengan rencana.
Penanggung jawab evaluasi adalah Dekan, sedangkan pelaksana evaluasi adalah Unit Penjaminan Mutu (UPM) yang ada di Fakultas. Evaluasi dilakukan setiap tahun, pada akhir pelaksanaan program dan kegiatan tahunan. Evaluasi dapat juga dilakukan atas inisiatif Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Hasil Evaluasi dibawa dalam rapat evaluasi program kerja dan anggaran, rapat evaluasi akademik, rapat evaluasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan rapat lainnya minimal 1 (satu) tahun sekali. Tujuan dari monev adalah:
- Mengevaluasi perubahan-perubahan dasar perumusan strategis.
- Mengevaluasi relevansi rencana strategis terhadap tuntutan kinerja Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
- Mengevaluasi kinerja Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan berdasarkan sasaran yang sudah dicapai.
- Melakukan tindakan korektif untuk memastikan kinerja Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sesuai dengan rencana.
- Simpulan Hasil Evaluasi Ketercapaian VMTS dan Tindak Lanjut
Visi, Misi, Tujuan dan Strategi yang dimiliki oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sangat realistis, dimana visi yang dimiliki oleh Fakultas tarbiyah hanya memiliki target pencapaian sampai Indonesia timur saja. Namun tidak menutup kemungkinan Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar dapat melampaui terhadap visi tersebut.
Hal ini dikarenakan kondisi dan fasilitas yang dimiliki oleh Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar khususnya fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan masih banyak memiliki keterbatasan-keterbatasan yang menghambat terhadap peningkatkan kulalitas pendidikan di Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar khususnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Keterbatasan-keterbatasan yang dimaksud antara lain fasilitas yang ada di Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar khususnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan masih kurang, SDM dosen yang ada di Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar khususnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan masih sangat kurang sehingga kualitas pendidikan yang dimiliki oleh Insititut Agama Islam DDI Polewali Mandar khususnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan masih kurang.
Keterbatasan-keterbatasan itu ada karena Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar masih sulit untuk mewujudkan sarana dan prasarana yang memadai di lingkup Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar Khususnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Dengan adanya keterbatasan-keterbatasan yang ada di Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar khususnya di lingkup Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan itu maka Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar khususnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan selalu berupaya untuk lebih meningkatkan segala fasilitas yang ada, dan SDM pendidik dan tenaga kependidikan, dengan berupaya meningkatkan sosialisasi terhadap stakeholder dan masyarakat luas sehingga jumlah mahasiswa yang mendaftar pada Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar dapat meningkat. Selain itu juga fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan akan terus meningkatkan kegiatan dan pelatihan dosen berserta tenaga kependidikan lingkup Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.[]
”’